Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan, Jawa Timur

Pasuruan, chronosradio.com – Air Terjun Kakek Bodo menjadi salah satu destinasi unggulan di Pasuruan, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter, memang tidak terlalu tinggi bila dibandingkan air terjun lain yang ada di Indonesia. Walaupun demikian, air terjun ini tetap akan menyuguhkan beragam keindahan yang dimulai sejak awal pengunjung masuk di area wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat.

Konon, dulu ada seorang kakek pengabdi keluarga kaya raya yang rela meninggalkan segala hal bersifat duniawi dan bersemedi di sini. Keluarga Belanda menyebutnya “Si Kakek Bodoh”. Maka kemudian tak heran jika air terjun ini dinamakan Kakek Bodo. Menurut cerita, pada waktu itu Tretes menjadi kawasan hunian para pegawai Eropa (Belanda), dan banyak Villa/Loji dibangun di kawasan ini. Nah, di salah satu rumah Belanda itu ada seorang laki-laki tua bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Namun akhirnya, sang pembantu memilih untuk menyepi di hutan meninggalkan tuannya. Tentu saja tuan yang menjadi majikannya merasa sangat kehilangan. Dibujuknya untuk kembali ke rumah, tapi sia-sia. laki tua ini tetap ingin tinggal sendiri di hutan yang sepi dekat air terjun. Akhirnya, majikan Belanda pun marah-marah dan menyebut laki-laki tua pembantunya dengan sebutan¬† ‘kakek bodoh’.

 

Jadi bila berkunjung ke kampung halaman atau melewati daerah ini, luangkan kesempatan untuk singgah di Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Tretes, Prigen Pasuruan. Bukan hanya tersimpan segudang keindahan alam dan misteri didalamnya, ada kandungan sejarah lokal yang dapat dipelajari. Lokasi wisata ini juga menyediakan sarana bermain yang cukup memadai, ada kolam renang dan arena bermain anak-anak.

Menuju Air Terjun sepanjang jalan dipayungi pohon-pohon tua ada di kanan kiri jalan. Akar-akar berusia puluhan bahkan mungkin ratusan tahun masih bisa dijumpai melintang di tengah jalan. Meskipun terkesan agak mistis melihat pohon-pohon hutan yang menaungi sepanjang jalan hingga tiba di ujung cekungan bukit. Terhamparlah pemandangan eksotik. Air meluncur deras jatuh tanpa terhalang menambah segar dan sejuk lingkungan sekitar. [JV]

See also  Menparekraf Dorong Desa Wisata Hadirkan Produk Unggulan yang Otentik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*