Candi Borobudur Jadi Lokasi Puncak Peringatan Gernas BBI

Magelang, chronosradio.com – Taman Lumbini di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah menjadi saksi kebangkitan industri kecil dan menengah (UMKM/IKM) untuk naik kelas. Momen peringatan Hari Kebangkitan Bangsa (Harkitnas) 2021 pada Kamis (20/5/2021) ini digunakan untuk mendorong pelaku usaha dalam membangkitkan ekonomi nasional.

“Momentum ini kita gunakan untuk mempercepat kebangkitan produk buatan Indonesia. Kebangkitan produk-produk UMKM kita yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, menguasai pasar dalam negeri, lebih kompetitif di pasar global, dan UMKM naik kelas,” ujar Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan virtualnya pada pembukaan Festival Joglosemar: Artisan of Java, Kamis (20/05/2021), dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Presiden RI menegaskan bahwa UMKM merupakan pilar penting dalam mendorong kebangkitan ekonomi nasional. “Usahanya tersebar di seluruh pelosok tanah air, jenis usaha dan produknya juga sangat beragam, melibatkan banyak warga sekitar, menciptakan lapangan kerja baru, dan mampu menyerap banyak tenaga,” ujarnya.

Festival Joglosemar sendiri dilaksanakan sebagai Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Sasaran dari perhelatan ini untuk meningkatkan jumlah IKM yang memanfaatkan pemasaran digital, menciptakan value creation bagi IKM, dan meningkatkan permintaan produk artisan Indonesia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, sejak dimulainya Gernas BBI pada Mei tahun lalu hingga April 2021 terdapat 5.714.631 unit UMKM yang masuk/onboarding ke ekosistem digital.

Menko Marinves pun optimistis, dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong artisan lokal untuk naik kelas, masuk e-commerce, dan meningkat penjualannya, target pencapaian 30 juta UMKM onboarding pada 2023 dapat dicapai bersama.

Dalam perhelatan Festival Joglosemar ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Bank Indonesia (BI) menghadirkan artisan dari daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Artisan merupakan pelaku UMKM/IKM yang menghasilkan produk dan jasa dengan nilai tambah dan kualitas tinggi, serta keunikan dan spesialisasi yang tidak banyak dimiliki oleh negara lainnya.

See also  UIN Walisongo Diharapkan Jadi Benteng Pancasila Reduksi Radikalisme

Dalam acara ini, hadir sejumlah menteri, di antaranya Menkopolhukam, Mahfud Md; Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan; Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita; Menhub Budi Karya Sumadi; Menparekraf, Sandiaga Uno; dan Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar. [Kemenbumn]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*