Dekranasda Kota Medan Akan Tampilkan Kerajinan IKM di Pameran Rumah Kriya Asri

Medan, chronosradio.com – Ketua Dekranasda Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu Bobby Nasution mengikuti rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pameran Online Rumah Kriya Asri Destinasi Wisata Super Prioritas Danau Toba secara virtual dari Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Kamis (2/9). Dalam rapat ini diketahui Dekranasda Kota Medan akan menampilkan lima produk hasil kerajinan industri kecil menengah (IKM) untuk diikutsertakan dalam kegiatan Pameran Rumah Kriya Asri Tahun 2021 di Jakarta.

Rakor secara virtual yang diikuti seluruh Dekranasda kabupaten/kota se-Sumut ini dipimpin Ketua Dekranasda Provinsi Sumut, Ny. Nawal Edy Rahmayadi didampingi Wakil Ketua Ny. Sri Ayu Mihari Musa Rajeckshah. Dalam Rakor ini dibahas keikutsertaan Dekranasda Sumut dalam kegiatan Pameran Rumah Kriya Asri Tahun 2021.

Kegiatan yang digagas oleh Dekranas Pusat ini akan berlangsung mulai 1- 20 November mendatang. Tujuannya, sebagai wadah untuk memperkenalkan hasil kerajinan IKM khas daerah-daerah di sejumlah provinsi di Indonesia yang masuk dalam kawasan 5 destinasi pariwisata super prioritas.

Dikatakan Ny. Kahiyang Ayu Bobby Nasution, dalam pameran tersebut lima produk kerajinan yang akan diikut sertakan berbentuk kain tenun hasil kerajinan dari IKM binaan Dekranasda Kota Medan. Ny. Kahiyang Ayu berharap melalui kegiatan ini kedepannya apat lebih memperkenalkan kerajinan khas Kota Medan sehingga semakin dikenal.

“Selain itu, mendorong meningkatnya pemasaran dan penjualan, agar mampu menjangkau dan menembus pasar yang lebih luas guna membantu pelaku IKM di Kota Medan agar naik kelas”, Kata Ketua Dekranasda Kota Medan.

Sebelumnya Ketua TP PKK Provinsi Sumut, Ny. Nawal Lubis menjelaskan rakor ini membahas terkait keikutsertaan Dekranasda Sumut dalam kegiatan Pameran Rumah Kriya Asri Tahun 2021. Artinya hasil kerajinan dari binaan Dekranasda Kabupaten/ Kota yang ada di Sumut khususnya yang ada di sekitar Danau Toba akan ditampilkan dalam kegiatan yang digagas Dekranas Sumut.

See also  Pemerintah Membantu UMKM Bertahan Selama Pandemi Melalui LPEI

“Dalam pameran tersebut nantinya akan ada dua stand yakni stand Danau Toba yang menampilkan hasil kerajinan dari 7 kabupaten sekitar dan stand Sumatera Utara berisikan kerajinan di luar dari 7 kabupaten sekitar Danau Toba, termasuk Kota Medan,” kata Ketua Dekranasda Sumut.

Selain kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, hasil kerajinan dari 4 daerah di kawasan lain yang masuk dalam destinasi pariwisata super prioritas yakni Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Borobudur (Jawa Tengah), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) dan Likupang (Sulawesi Utara) juga turut berpartisipasi dalam pameran tersebut. [PemkoMedan]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*