Hal Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Solo

Surakarta, chronosradio.com – Berbicara tentang Solo atau Surakarta, ternyata tidak hanya melulu tentang bagaimana kota ini terus berkembang dalam rentan satu dekade terakhir. Tapi, juga tentang bagaimana seluruh aspek kehidupan yang ditanamkan dalam budaya dan sejarah melebur satu menjadi ciri khas Kota Bengawan ini. Dari situlah, muncul beberapa ciri khas yang menjadi keunikan kota ini yang tidak dimiliki oleh kota lain di Indonesia. Apa saja? Berikut diantaranya.

  1. Kereta uap di tengah kota

Jangan kaget, ya, jika Anda bertemu kereta uap yang sedang berjalan melintasi jalan raya. Ya, kereta dengan lokomotif buatan Jerman pada tahun 1896 ini masih aktif melintas sebagai kereta wisata. Siapapun bisa menaiki kereta uap ini dengan trayek Stasiun Purwosari sampai dengan Stasiun Kota.

  1. Motif batik Parang Kusumo dan Truntum.

Kedua motif batik ini adalah ciri khas dari budaya Solo. Batik Truntum identik dengan motif bunga kecil membentuk sebuah pola besar sementara, batik Parang Kusumo memiliki lajur motif diagonal yang dilukis dari bawah ke atas. Dahulu, batik Parang Kusumo hanya bisa dipakai oleh kalangan bangsawan Solo dan para keturunan Raja saja. Namun, sekarang siapapun bebas memakainya. Jika anda penasaran dengan proses membatik, Anda juga bisa mengunjungi Kampung Batik Kauman dimana Anda bisa belajar membatik langsung pada ahlinya.

  1. Memiliki dua keraton

Solo memiliki dua keraton, yaitu Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta. Walaupun keraton tak lagi menjalankan pemerintahan seperti zaman dahulu, namun kini para pelancong bisa berwisata ke keraton ini. Jarak antara kedua keraton ini juga hanya 11 km yang memungkinkan untuk dikunjungi dalam waktu satu hari. Anda bisa menemukan museum yang menyimpan berbagai koleksi kesenian dan kebudayaan, seperti arca, pusaka adat, wayang kulit, dan buku-buku sejarah kuno.

  1. Beragam festival menarik
See also  PKK Sulsel Support Pelaksanaan Ethnic Moslem Fashion Show And Preloved Fair

Solo bertajuk Spirit of Java bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah dengan banyaknya penyelenggaraan festival kebudayaan di kota ini. Sebut saja Solo Batik Carnival, Festival Gamelan Akbar, sekaten, pertunjukan Wayang Orang, dan masih banyak yang lainnya. Supaya tidak ketinggalan info mengenai beragam festival yang akan dan sedang berlangsung, tidak ada salahnya untuk mengikuti akun sosial media Kota Solo untuk info lebih lanjut. [PemkotSurakarta]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*