IKN dan Momentum Kejayaan Indonesia Setiap 7 Abad

Samarinda, chronosradio.com – Gubernur Kaltim H Isran Noor memiliki  keyakinan tersendiri soal pemindahan ibu kota negara. Menurutnya, pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur akan menjadi momentum kejayaan Indonesia memasuki abad ke-21.

“Saya yakin Indonesia akan memasuki masa kejayaannya yang ketiga. Mungkin dengan berdirinya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan,” kata Gubernur Isran Noor kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahajoe di rumah pribadinya, Jumat (15/4/2022).

Gubernur Isran lalu membuka sejarah kejayaan nusantara yang terjadi setiap 7 abad.

Pertama kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada sekitar abad ke-7 dan era keemasan Kerajaan Majapahit pada abad ke-14. “Jadi pas sudah. IKN dibangun mulai sekarang dan akan berjaya saat memasuki abad ke-21, atau sekitar tahun 2100. Memasuki siklus kejayaan nusantara untuk ketiga kalinya, setiap 7 abad,” yakin Gubernur.

Seperti diketahui, Kerajaan Sriwijaya berdiri pada tahun 682 Masehi, jelang memasuki abad ke-7. Sriwijaya di nusantara dan Asia Tenggara, bahkan hingga ke Madagaskar.

Sedangkan Kerajaan Majapahit berdiri pada tahun 1293 Masehi dan berjaya pada era Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada sekitar tahun 1350-1389 Masehi. Bukan hanya seluruh wilayah nusantara, Kerajaan Majapahit juga menguasai semenanjung  Malaya dan sejumlah kepulauan Filipina. [PemprovKaltim]

See also  Vaksinasi BPJamsostek Sasar 1.500 Peserta di Solo

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*