Kadis Kominfo Harap Pemkab se-Sulsel Miliki Forum dan Regulasi Terkait Satu Data

Makassar, chronosradio.com – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan Amson Padolo, membuka Rapat Koordinasi Peningkatan Peran dan Fungsi Penyelenggara Statistik Satu Data se-Sulawesi Selatan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Gammara Makassar, Rabu (13/07/2022).

Dalam sambutannya, Amson Padolo menjelaskan, pelaksanaan Rakor Satu Data ini merupakan usaha untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan pembangunan data yang komprehensif dan berkesinambungan di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Satu data Indonesia bertujuan untuk menghasilkan data akurat yang mutakhir, terpadu, mudah untuk diakses dan dibagikan antar instansi pusat dan instansi daerah,” jelas Amson.

Lanjut Amson, penyelenggaraan statistik sektoral ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab Diskominfo sebagai wali data saja. Apalagi, Diskominfo sendiri sebagai bank data masih sering mengalami kesulitan, utamanya dalam proses pengumpulan data sektoral dari OPD.

“Ini merupakan tanggung jawab seluruh organisasi perangkat daerah dalam lingkup pemerintah daerah sebagai produsen data yang juga bertanggung jawab, sehingga update data berjalan secara berkesinambungan dan menjadi dasar pimpinan dalam mengambil sebuah keputusan,” lanjutnya.

Amson Padolo juga berharap, Rakor satu data ini dapat menjadi acuan untuk kabupaten/kota dalam membuat forum dan regulasi tentang satu data.

“Peran pembentukan forum satu data tingkat Kabupaten/kota ini adalah sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antara pemimpin negara, penyedia data, dan warga untuk berkoordinasi dan berkomunikasi, dimana hasil dari Rakor ini diharapkan tidak ada lagi Kabupaten/kota yang tidak mempunyai forum satu data dan regulasi yang terkait dengan satu data,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara ini Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan II Kementerian Dalam Negeri Iwan Kurniawan, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Sulsel, Kepala Diskominfo dan Bappelitbangda Kabupaten/Kota se-Sulsel serta Kepala BPS Kabupaten/Kota se-Sulsel.

See also  Gubernur Olly Dondokambey Tinjau Pos Penyekatan Larangan Mudik di Perbatasan Sulut-Gorontalo

Direktur Urusan Pemda II Iwan Kurniawan menyampaikan penting Pemerintah Daerah untuk mempublikasikan data Statistik Sektoralnya sebagai bentuk pelayanan Informasi bagi masyarakat.

“Data sektoral Pemerintah Daerah penting untuk dipublikasikan sebagai bentuk pelayanan informasi bagi masyarakat,” Jelas Iwan kurniawan Plt. Direktur  Perencanaan.

Selain itu sejumlah pejabat Pemprov Sulsel lingkup Diskominfo yang hadir antara lain; Sekretaris Diskominfo Erwin Werianto, Kabid Persandian Riswan, Kabid Humas Sultan Rakib, dan lain sebagainya. [PemprovSulsel]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*