Kegiatan Sholat Idul Fitri Akhiri Rangkaian Kegiatan Ramadhan KBRI Roma

Roma, chronosradio.com – KBRI Roma pada Kamis, 13 Mei 2021 telah menyelenggarakan kegiatan Idul Fitri 1 Syawwal 1442 H (2021 M) berupa penyelenggaraan Sholat dan Khutbah Idul Fitri serta Silaturahmi Lebaran Dubes RI Roma.

Rangkaian kegiatan diawali dengan takbiran bersama di Wisma Duta KBRI Roma pada pukul 08.00, diikuti oleh Dubes Esti Andayani berserta staff dan keluarga dalam jumlah terbatas. Setelah takbiran, para peserta melakukan sholat jamaah Idul Fitri dengan imam sholat Kolonel (E) Wachyad (Atase Pertahanan/ Athan) dan mendengarkan khutbah Idul Fitri yang disampaikan oleh Danang Waskito (Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Roma).

Dalam khutbahnya, khatib menggarisbawahi pentingnya mengambil hikmah, ibroh dan pelajaran Ramadhan dikaitkan dengan refleksi peristiwa pandemi Covid-19. “Berbagai peristiwa itu telah memberikan kita hikmah dan pelajaran, antara lain: pentingnya kesabaran, ketakwaan, gigih berusaha, ketawakalan, hidup bersih dan sehat, serta pentingnya persatuan dan kesatuan, memperkuat silaturahmi serta saling tolong menolong dalam menghadapi dinamika kehidupan”, jelasnya. “Musibah yang kita hadapi telah memberikan tantangan sekaligus kesempatan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik”, jelas khatib. “Pengalaman masa pandemi dan hikmah Ramadhan serta Idul Fitri, semestinya mampu menggembleng seorang Muslim untuk menjadi pribadi seorang pemenang, untuk terus meningkatkan kualitas keimanan, ibadah dan muamalahnya”, pungkasnya.

Setelah kegiatan sholat Idul Fitri, Dubes Esti Andayani juga melakukan silaturahmi dengan para staff KBRI Roma beserta keluarga, dengan perserta terbatas. Hadir pula dalam acara silaturahmi Idul Fitri tersebut Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan bersama Ibu Bertha Jinangkung, beserta para staff KBRI Vatikan dan keluarga, yang juga turut menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri tahun 2021.

Protokol kesehatan dan keamanan tetap diberlakukan dalam rangkaian acara dimaksud. Peserta yang datang ke KBRI Roma menjalani pemeriksaan suhu tubuh (termometer scan), mencuci tangan dengan hand sanitizer,  menggunakan masker saat kegiatan, dan pengaturan jarak shaf (barisan) sholat. Kegiatan silaturahmi dilakukan dengan mengatur alur kedatangan staff beserta keluarga secara bergantian (bergiliran), dengan tetap memperhatikan jumlah peserta dalam ruangan. Meski tak berjabat tangan, semuanya saling bermaafan dan mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan.

Sebagai bagian dari disseminasi informasi dan penguatan rasa persatuan dan kesatuan kebangsaan bagi warga negara Indonesia serta diaspora Indonesia di negara akreditasi, rangkaian kegiatan Idul Fitri tersebut juga disiarkan secara daring pada media sosial KBRI Roma.

Saat ini, situasi dan kondisi penanganan Covid-19 di Italia semakin baik, dan sebagian besar wilayah Italia berada pada kategori “wilayah kuning”, dari 4 (empat) katagori wilayah infeksi Covid-19, yaitu: merah, oranye, kuning dan putih. Beberapa restriksi termasuk perjalanan antar wilayah dan penyelenggaraan kegiatan juga sudah mulai dilonggarkan, meskipun tetap diminta untuk memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku termasuk penggunaan masker.

Dalam kaitan ini pula, KBRI Roma telah menyelenggarakan berbagai kegiatan Ramadhan virtual dalam program Rahmah (Ramadhan Penuh Berkah). Kegiatan tersebut antara lain: Kabari (Kajian Bersama KBRI) berlangsung 3 (tiga) kali seminggu, kajian dan tadarus Muslimah, pelatihan membaca Al Qur’an untuk anak dan remaja. khataman Al Qur’an online dan lainnya. Rangkaian kegiatan idul Fitri telah menutup program “Rahmah” KBRI Roma.

Pada tahun 2021 ini. Masjid Besar Roma (Grand Mosqee Roma) dan beberapa masjid di beberapa kota Italia lainnya, juga telah menyelenggarakan kegiatan sholat Idul Fitri, namun dengan jumlah jamaah yang terbatas dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat termasuk pengaturan shaf (barisan) sholat. [KBRI Roma]

See also  Hanya Tampung 2.000 Jemaah, Masjid Istiqlal Kembali Dibuka Dengan Prokes

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*