Kemenko Marves Kawal Koordinasi Rencana Pengembangan Food Estate di Sulteng

Palu, chronosradio.com – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kemeterian/Lembaga terkait melaksanakan koordinasi, kunjungan lapangan dan survei awal pada areal yang direncanakan untuk pengembangan Food Estate Sulawesi Tengah (02-03-2022).

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Nani Hendiarti memimpin kunjungan tersebut dengan Staf Khusus Menko Bidang Ekonomi dan Investasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Organisasi Riset LAPAN Badan Riset dan Inovasi Nasional, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Pemantapan Kawasan Hutan XVI Palu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kabupaten Donggala.

“Kunjungan lapangan ini dalam rangka pembahasan rencana pengembangan Food Estate di Provinsi Sulawesi Tengah,” Ucap Deputi Nani.

Menurutnya, pada tahap awal pengembangan Food Estate tersebut direncanakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berada di kawasan Desa Telaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala dengan nama Kawasan Pangan Nusantara (KPN) seluas 850 ha.

“Pemerintah Provinsi Sulteng merencanakan pengembangan areal dalam rangka penguatan ketahanan pangan. Area tersebut akan menjadi kawasan yang terintegrasi dengan mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada dan sekaligus menjaga keberlanjutan kawasan,” Terang Deputi Nani.

Dirinya menambahkan, akan disiapkan pula oleh Pemprov Sulteng yakni area untuk pengembangan komoditas hortikultur dan tanaman pangan yang sifatnya semusim juga akan dikembangkan potensi budidaya perikanan, penguatan budidaya ternak, pengembangan ekowisata, agroforestry dan penguatan infrastruktur baik untuk mundukung budidaya komoditas pangan maupun untuk distribusi hasil panennya

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah serius mengembangan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) sebagai areal penyangga pangan bagi Ibu Kota Negara yang sedang dikembangkan di Provinsi Kalimantan Timur,” jelas Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

See also  Ke Pondok Kalijaran, Ganjar Ziarah Makam Mbah Hisyam Hingga Jadi Pengasuh Pondok

Dirinya mengatakan, jarak yang sangat dekat dengan IKN baru dan potensi pengembangan pertanian membuat KPN di Kabupaten Donggala tersebut menjadi sangat strategis bagi Ibu Kota Negara baru nantinya.

“Pengembangan KPN ini akan dapat memberikan lapangan pekerjaan dan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, Pemda sangat mengharapkan agar Kemenko Marves dapat mengkoordinasikan perencanaan dan pengembangan FE Sulawesi Tengah ini,” Harap Wagub Sulteng.

Menjawab hal tersebut, Deputi Nani menyampaikan bahwa pada pengembangan Food Estate harus dilakukan dengan perencanaan yang matang dan pembelajaran serta skema pengembangan FE di lokasi lain penting sebagai bahan masukan dalam pengembangan FE Sulteng.

“Beberapa hal penting dalam pengembangan tersebut adalah dukungan dan pengembangan untuk masyarakat lokal, penguatan UMKM yang disertai dengan penguatan teknologi yang tepat untuk usaha tani yang optimal,” terangnya.

Deputi Nani juga menjelaskan bahwa aspek kesesuaian lahan dengan komoditas yang akan dikembangkan, dukungan infrastruktur dasar (akses jalan dan sumber daya air) serta komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan menjadi salah satu kunci untuk keberhasilan FE Sulteng. Oleh karena itu, menurut Deputi Nani, diperlukan komitmen dan dukungan dari semua pihak, khususnya Pemerintah daerah dalam pengembangan FE Sulteng.

Selain rencana pengembangan FE Sulteng di Desa Telaga Kecamatan Dampelas tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga telah mengidentifikasi lokasi potensial untuk pengembangan food estate dengan komoditas jagung di Kabupaten Donggala. Areal ini direncanakan akan menjadi areal pengembangan food estate Sulteng tahap berikutnya. [KemenkoMarves]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*