Korps Menwa Indonesia: Pesan Kebangsaan pada Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2022


Manado, chronosradio.com – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2022. Peringatan tersebut tidak dilaksanakan sebagaimana tanggal mestinya, yakni 2 Mei kemarin, sebab bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama. Keterangan mengenai hal ini sebelumnya sudah disampaikan melalui surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022 tertanggal 22 April 2022.

Korps Menwa Indonesia yang dipimpin oleh Ketua Umum Mayjen. TNI (Purn) Jan Pieter Ate tetap menyambut dan menghormati Hari Pendidikan Nasional yang memang bertepatan dengan Peringatan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama sebagai momentum berharga bagi bangsa Indonesia.

Berikut pesan Korps Menwa Indonesia yang dikirimkan dari Manado (Sulawesi Utara) dalam bentuk salinan lengkap:

Pertama-tama, kepada warga dan keluarga besar Korps Menwa Indonesia Umat Muslim, perkenankan saya selaku Ketua Umum Korps Menwa Indonesia dan atas nama pribadi menyampaikan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, 1 SYAWAL 1443H – Mohon Maaf Lahir & Batin. Semoga dalam merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah Korps Menwa Indonesia serta segenap masyarakat dan Bangsa Indonesia kokoh bersatu dan memperoleh berkah yang melimpah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah kali ini menjadi momen yang sangat spesial dan lebih bermakna karena di saat yang sama Bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2022. Hari Pendidikan Pendidikan Nasional sekaligus sebagai momentum bagi kita untuk mengenang Pahlawan kita, Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional yang sangat dihormati oleh Bangsa Indonesia. Oleh perjuangannya tanpa mengenal menyerah melawan kebijakan pendidikan pemerintah Belanda yang diskriminatif. Oleh perjuangannya, Bangsa Indonesia dapat mengenyam pendidikan, dan olehnya, kita saat ini menjadi generasi yang terdidik yang menentukan nasib bangsa kita sendiri.

See also  Pengusaha Harapkan Arsjad Rasjid Akselerasi Pembangunan Kawasan Timur Indonesia

Kepada Korps Menwa Indonesia di manapun berada, baik Menwa Senior dari berbagai profesi maupun Menwa Aktif yang masih di bangku kuliah, Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah: Saudara adalah Pewaris dan Anak Ideologis Tentara Pelajar, di pundak saudaralah bertumpu masa depan Indonesia sebagai bangsa yang kuat-bersatu, maju dan terdepan. Pegang teguh Panca Dharma Satya Menwa Indonesia sebagai landasan berpijak untuk tampil sebagai Garda Bangsa yang tegar mengawal Ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Di atas ke-Empat Pilar inilah Indonesia berdiri kokoh.

Ingat, musuh terbesar bangsa Indonesia adalah “pembusukan” dari dalam diri sendiri, yakni kelompok yang mabok akan pengaruh ideologi bangsa lain! Waspada, bahwa ada kelompok-kelompok yang getol meneriakkan jargon, diksi dan narasi “menyelamatkan Indonesia”, “membela rakyat”, dan sebagainya, tetapi tindakannya justru bertentangan, melakukan provokasi dan memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai Pewaris dan Anak Ideologis Tentara Pelajar, Korps Menwa Indonesia adalah anak-anak bangsa yang terdidik dan terlatih. Saudara-saudara adalah cendekiawan pejuang dan pejuang cendekiawan, dengan daya intelektual dan skill yang terlatih saudara telah ditempa untuk menjadi insan yang kritis yang mampu menilai setiap intrik yang akan membahayakan Bangsa Indonesia.

Pesan Kebangsaan di Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2022 adalah bahwa Indonesia Emas 2045 tanggung jawab kita bersama seluruh Bangsa Indonesia. Indonesia Emas 2045 bukan provokasi, rayuan, atau ilusi, melainkan sesuatu yang sudah di depan mata, yang mengantarkan kita semua bangsa Indonesia, kita dan anak-cucu kita menjadi bangsa yang terdepan, bangsa yang maju dan sejahtera. Khusus bagi Korps Menwa Indonesia: jangan ada yang berkhianat, atau menjadi korban provokasi, rayuan, dan ilusi yang menyebabkan masa depan anak-cucu saudara dan masa keemasan bangsa Indonesia yang sudah di depan mata itu berantakan. Perubahan terjadi begitu cepat, jangan lagi berleha-leha, saudara harus cepat berubah. Jadilah Korps Menwa Indonesia: Generasi Kreatif dan Inovatif untuk Indonesia Emas 2045.

See also  KAI Bekerja Sama dengan Ditjen Dukcapil untuk Verifikasi Pelanggan Kereta Api

Selamat Bertugas, Sukses Selalu!
Manado, 2 Mei 2022

KETUA UMUM KORPS MENWA INDONESIA

 

MAYJEN TNI (PURN) JAN PIETER ATE

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*