Laksanakan 4 Program BPJS Ketenagakerjaan, Kaltim Jadi Contoh Provinsi Lain

Samarinda, chronosradio.com – Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi BPJS Ketenagakerjaan, Muhyidin memberikan apresiasi kepada Pemprov Kaltim yang telah melaksanakan empat perlindungan ketenagakerjaan sekaligus yaitu jaminan perlindungan kecelakaan kerja, kematian, jaminan hari tua dan pensiun melalui program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, kepada non aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Kaltim.

“Saya mengapresiasi atas kebijakan yang sudah dilakukan Pemprov Kaltim dengan memberikan perlindungan empat program sekaligus kepada non ASN di Kaltim sebanyak 71.133 tenaga kerja. Ini sangat luar biasa,” kata Muhyidin, sebelum menyampaikan pertanyaan pada acara

wawancara Kandidat Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) tahun 2021, beberapa hari lalu.

Terkait dengan kebijakan yang sudah dilakukan Pemprov Kaltim dengan memberikan perlindungan empat program sekaligus melalui BPJS Ketenagakerjaan, salah satunya adalah perlindungan/jaminan paripurna (pensiun) kepada non ASN di Provinsi Kaltim sangat luar biasa.

Muhyidin mengharapkan ini menjadi contoh bagi provinsi lainnya yang masih memberikan perlindungan dua sampai tiga program BPJS kepada non ASN.

“Karena dengan perlindungan empat program BPJS Ketenagakerjaan sekaligus, otomatis para tenaga kerja non ASN, tidak ada kekhawatiran lagi ketika nanti sudah pensiun, sehingga perlindungan paripurna yang sudah dilakukan Pemprov Kaltim bisa menjadi contoh bagi provinsi lainnya di tanah air,” kata Muhyidin.

Selain Muhyidin, lima panelis lainnya juga memberikan apresiasi kepada Pemprov Kaltim yang telah memberikan perlindungan sosial melalui program BPJS Ketenagakerjaan, khususnya kepada tenaga kerja non ASN di lingkup Pemprov Kaltim yang berjumlah 71.133 orang.

Termasuk kebijakan untuk melaksanakan perlindungan sosial ketenagakerjaan di seluruh kabupaten kota di Kaltim, melalui surat edaran yang dikeluarkan Pemprov Kaltim, sehingga perlindungan sosial ketenagakerjaan di kabupaten kota berjalan dengan baik.

See also  Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19, Bobby Nasution Perbanyak Layanan Vaksinasi

Sebelum dilaksanakan wawancara Kandidat Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) tahun 2021, Wagub Hadi Mulyadi didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim H Suroto, melalui virtual di Ruang Heart of Borneo, Kantor Gubernur Kaltim memaparkan kondisi wilayah Provinsi Kaltim, termasuk angkatan kerja di Kaltim, dan tenaga kerja non ASN, dengan total cakupan coverage share kepesertaan non ASN di Kaltim mencapai 71.133 tenaga kerja. [PemprovKaltim]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*