Malam Takbiran di Medan Semarak, Warga Antusias Saksikan Pawai Kendaraan Hias

Medan, chronosradio.com – Semarak malam takbiran idul Fitri 1443 H dan pawai kendaraan hias di Kota Medan sangat terasa di seputaran Lapangan Merdeka, Minggu (1/5). Terlihat masyarakat Kota Medan begitu antusias menyaksikan takbiran dan pawai kendaraan hias yang sudah dua tahun tidak digelar Pemko Medan akibat Pandemi Covid-19 yang melanda.

Perhelatan yang tidak hanya berlangsung di lapangan Merdeka saja namun juga digelar di wilayah Medan Utara tepatnya di Kecamatan Medan Belawan ini melibatkan ratusan kendaraan hias dari berbagai Kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Medan. Kendaraan hias ini menarik antusias masyarakat karena mobil tersebut dihiasi berbagai ornamen khas Islam dan lampu kelap-kelip.

Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Wakil Wali Kota Aulia Rachman melepas takbiran dan pawai kendaraan hias di Medan Belawan, sedangkan di Lapangan Merdeka takbiran dan pawai dilepas oleh Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Gambaran suasana semarak dan antusias ini pun diungkapkan, M Kurniawan salah seorang warga Kecamatan Medan Johor. Kehadiran dirinya bersama keluarga di lapangan merdeka ini memang sengaja untuk melihat langsung takbiran dan pawai kendaraan hias. Artinya kegiatan ini selain membuat suasana hari raya idul Fitri semakin meriah juga dapat mengedukasi anak-anak bahwa ketika hari raya idul Fitri maka akan ada digelar takbiran dan pawai kendaraan hias.

“Kami dari warga Medan merasa antusias dan bersyukur karena Pemko Medan kembali menggelar Takbiran dan Pawai kendaraan hias. Diharapkan kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahunnya, karena selain memeriahkan hari raya idul Fitri, juga dapat menjadikan edukasi kepada anak-anak,” Kata Kurniawan sembari mengucapkan terima kasih kepada Bobby Nasution yang telah menggelar pawai kendaraan hias.

See also  Kadin Papua Dorong Pembangunan Pabrik Sagu

Perasaan senang dan terharu juga disampaikan Dian Aldila. Warga Kecamatan Medan Marelan ini begitu antusiasnya ingin melihat takbiran dan pawai kendaraan hias dari rumah sengaja pergi lebih awal agar dapat melihat langsung ratusan kendaraan hias di malam takbiran. “Saya sejujurnya senang apalagi dua tahun tidak ada pawai kendaraan hias seperti ini. Selain itu terharu juga karena begitu semaraknya malam takbiran di Kota Medan,” Ungkap Dian Aldila.

Sedangkan Suryati Siregar, warga Kecamatan Medan Perjuangan yang hadir dan menyaksikan takbiran serta pawai kendaraan hias ini mengungkapkan sangat senang adanya kegiatan ini karena dapat memperkenalkan tradisi ini kepada cucunya. “Alhamdulillah takbiran dan pawai kendaraan hias kembali digelar. Semua masyarakat kota Medan dapat berkumpul di tempat ini dan menyaksikan kemeriahan takbiran idul Fitri,” Jelasnya.

Ketika membuka Takbiran dan Pawai kendaraan hias,  Bobby Nasution mengungkapkan bahwa pawai takbiran sudah sangat dirindukan masyarakat, khususnya umat Islam di Medan. Artinya di tahun ini umat Islam bisa menyambut dan merayakan hari kemenangan. “Kegiatan seperti ini sudah sangat dirindukan, bukan hanya masyarakat Medan, tapi seluruh umat muslim sebab di tahun ini umat Islam bisa merayakan hari kemenangan 1 Syawal 1443 H,” kata Bobby.

Menurut Bobby Nasution malam takbiran dan pawai kendaraan hias ini dapat dilaksanakan karena capaian vaksinasi masyarakat di Kota Medan sudah memenuhi target.”Takbiran dan Pawai kendaraan hias ini sebagai bentuk kemenangan dan sangat dirindukan umat muslim. Sebab dua tahun belakangan ini pawai takbir tidak bisa dilaksanakan karena situasi pandemi Covid-19,” Jelas Bobby Nasution sembari mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H mohon maaf lahir dan batin.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menambahkan, pawai takbir keliling pemerintah ingin membentuk karakter warga Medan yang lebih baik dan berkah. Oleh karenanya dimohon doa seluruh masyarakat untuk mewujudkannya.

See also  Goto Beri Bantuan 15 Unit Oksigen Konsentrator Kepada Pemko Medan

 “Kami mohon doanya kepada warga Medan agar cita-cita yang dicanangkan Pak Wali merubah karakter orang Medan lebih baik dapat berjalan dan masyarakat kini sudah merasakan adanya Wali Kota Medan,” Sebut Aulia Rachman. [PemkoMedan]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*