Mariojela Uji Coba Olah Jelantah jadi Wax Sachet

Balikpapan, chronosradio.com Inovasi kelompok Margasari Olah Jelantah (Mariojela) yang merupakan kelompok binaan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, terus dikembangkan melalui pembuatan produk turunan dari minyak jelantah.

Setelah berhasil membuat lilin dari minyak jelantah, kali ini kelompok Mariojela mencoba untuk membuat Wax Sachet. Hal tersebut disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin. (Jumat, 21/01)

Kelompok yang beranggotakan para Ibu-ibu ini berhasil mengolah minyak jelantah yang merupakan limbah rumah tangga diolah menjadi produk yang bermanfaat. Selain itu, kepedulian masyarakat untuk tidak membuang jelantah ke laut juga semakin meningkat.

“Pada tahun 2020, kelompok berhasil mengajak masyarakat untuk mengumpulkan 622 liter jelantah. Jumlah pengumpulan jelantah ini meningkat menjadi 789,5 liter pada tahun 2021. Jika dijumlahkan, pada tahun 2020 hingga 2021, kelompok berhasil mengajak masyarakat untuk tidak membuang jelantah dengan total sekitar 1.411 liter,” kata Chandra.

Chandra menjelaskan bahwa sebelumnya kelompok sudah berhasil membuat lilin. Kelompok juga mampu menularkan pengetahuannya kepada kelompok masyarakat lain dengan melakukan edukasi dan berbagi pengetahuan. Peserta tidak hanya masyarakat Kelurahan Margasari, tetapi juga di luar Kelurahan Margasari. Bahkan ada juga masyarakat yang langsung datang belajar ke kelompok.

See also  Calon Ketua Umum KADIN, Arsjad Rasjid Dididik Orang Tua untuk Menghargai Setiap Orang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*