Mengenal Sekaten, Peringatan Maulid Nabi Khas Kota Solo

Surakarta, chronosradio.com – Sekaten merupakan acara tahunan yang rutin digelar di Solo dan Yogyakarta sejak abad ke-15. Acara ini merupakan tradisi yang dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw. Karena tradisi ini selalu terjaga, maka tak heran di setiap pelaksanaannya selalu banyak warga di Solo dan Yogyakarta yang antusias untuk turut meramaikan.

Pada penyelenggaraan sekaten, biasanya diadakan pasar malam selama satu bulan penuh. Setelahnya, akan diadakan acara Grebeg Maulud Nabi berupa kirab gunungan yang berlangsung sebagai puncak acara. Tidak hanya sekadar perayaan, ternyata sekaten juga memiliki sejarahnya tersendiri terutama bagi penyebaran agama Islam di Jawa Tengah.

Tradisi ini digunakan Wali Songo untuk menarik perhatian masyarakat terhadap agama Islam. Sekaten dipercaya sebagai perpaduan antara kesenian dan dakwah karena melalui acara inilah masyarakat diperkenalkan agama Islam. Saat itu banyak masyarakat yang menyukai alat musik gamelan, sehingga pentas kesenian ini selalu digelar pada hari penyelenggaraan sekaten.

Prosesi itu pula yang masih dipertahankan hingga kini. Dalam pagelarannya dilakukan tahapan membunyikan gamelan yang diarak ke Masjid Agung hingga dikembalikannya gamelan sekaten sebagai tanda berakhirnya acara upacara sekaten. Biasanya rangkaian pagelaran ini berlangsung pada tanggal 5 hingga 12 bulan Rabiulawal, dimana gamelan terus ditabuh nonstop secara bergantian. Setelah itu acara akan berlanjut pada prosesi Numpak Wajik dan Grebeg Muludan.

Secara garis besar tidak ada yang membedakan pagelaran sekaten di Solo dan Yogyakarta. Hal pembeda hanya berada di kirab akhir. Dalam Grebeg Muludan di Keraton Yogyakarta terdapat 6 buah gunungan, yaitu 2 buah gunungan lanang/laki-laki, 1 gunungan wadon/perempuan, 1 gunungan dharat, 1 gunungan gepak, dan 1 gunungan pawuhan. [PemkotSurakarta]

See also  Bobby Nasution Jadikan Balai Kota Wisata Baru dan Bangkitkan Perekonomian Medan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*