Pancasila Tak Hanya Dihafal, Tapi Diimplementasikan dalam Keseharian

Jepara, chronosradio.com – Para ASN diminta senantiasa berperilaku Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara.

“Karena kita sama-sama mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan rasa cinta terhadap negeri ini adalah dengan merawatnya,” ujar Bupati Jepara Dian Kristiandi pada pembinaan mental bagi para Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara di Indoor Sport SMP Negeri 1 Mayong, Kamis (3/2/2022).

Khusus kepada para tenaga pendidik, bupati berharap, bisa mencontohkan sekaligus menyisipkan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan belajar mengajar. Karena menurutnya, guru merupakan agen perubahan, di mana perannya sangat vital dalam menanamkan rasa cinta tanah air, serta wawasan kebangsaan bagi anak didik.

“Tidak sebatas menghafal bunyi setiap sila, tapi paham arti dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita terus dorong anak-anak kita, mulai dari hal-hal kecil dan mudah,” kata Andi, sapaan akrabnya.

Ditambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong moderasi beragama. Pengenalan tentang keberagaman, sikap toleransi maupun gotong royong, perlu dilakukan sejak usia dini.

Ketua MUI sekaligus Ketua FKUB Kabupaten Jepara Mashudi menyampaikan, program pembinaan mental ASN dapat menjadi momentum evaluasi diri, memacu semangat pegawai untuk lebih meningkatkan integritas dalam pelayanan publik.

“Sebagai ASN yang cerdas harus maju, baik yang sudah mendapat pembinaan atau pun yang akan mendapatkan pembinaan, harus maju,” tuturnya. [PemprovJateng]

See also  Wujudkan Medan Sebagai Medical Tourism, Bobby Nasution Minta Dukungan PDGI

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*