Pemko Batam Respon Positif Arahan Kemendagri Melarang ke Luar Negeri bagi Kepala Daerah

Jakarta, chronosradio.com  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta kepala daerah menaati larangan bepergian ke luar negeri. Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro mengatakan, langkah ini untuk menghindari penyebaran varian Omicron COVID-19. Apalagi saat ini angka kasus penularannya di Indonesia terus meningkat.

“Kita menyaksikan bahwa kemungkinan Omicron ini angkanya akan meningkat di Indonesia, dalam ramalan perhitungan-perhitungan akan terjadi di bulan Februari,” ujar Suhajar saat membuka Rapat Sosialisasi Pembatasan Perjalanan ke Luar Negeri (Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dan Para Pejabat Daerah) bersama jajaran Pemerintah Daerah secara virtual, Selasa (18/1/2022).

Melalui keterangan tertulis, Suhajar mengatakan, prediksi puncak Omicron itu juga sesuai dengan rilis yang disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam rilis tersebut dikatakan, kemungkinan puncak kasus varian Omicron terjadi pada Februari dan baru mereda pada minggu kedua Maret 2022.

Karena itu, kata Suhajar, sesuai permintaan Presiden Joko Widodo seluruh masyarakat bisa membatasi diri bepergian ke luar negeri, termasuk pejabat pemerintah. Hanya untuk kegiatan yang sangat esensial yang diperbolehkan melakukan perjalanan ke luar negeri.

“Oleh karena itu, saya perlu menyampaikan kepada teman-teman kalau ada pak gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota serta kawan-kawan yang lain, yang mau ke luar negeri tolong sampaikan, bahwa kami (Kemendagri) sekarang menutup dulu izinnya,” terang Suhajar.

See also  Apa Itu Medsos , Simak Penjelasan Dandim 0913/PPU

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*