Pemprov Papua Bersama Pemkab Jayapura Tanam 1000 Pohon Sagu

Sentani, chronosradio.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) ke-50 tahun 2022, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayapura menggelar aksi penanaman 1.000 bibit pohon sagu di Kehiran II, Kampung Ifale, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat 10 Juni 2022.

Aksi penanaman yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura di atas lahan seluas 3 hektar are ini juga melibatkan pihak sekolah Adiwiyata, masyarakat adat dan komunitas lingkungan yang mengusung tema, ‘Lestarikan Bumi Papua untuk Masa Depan Bersama.

Rangkaian acara ini dihadiri juga oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Elphyna D. Situmorang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jayapura, unsur Forkompinda di lingkungan Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Jan Jap Ormuseray melalui Sekretaris Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Yan R. Pugu menyampaikan, bahwa rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini telah dilaksanakan seperti pembagian bibit pohon secara gratis. Selain itu, pada rangkaian kegiatan ini juga dilakukan kegiatan penanaman 1.000 bibit pohon sagu di lahan seluas 3 hektar.

“Hari ini kami memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang dipusatkan di Kabupaten Jayapura tepatnya di Kehiran II, Kampung Ifale, Distrik Sentani. Untuk tema nasional, yaitu Satu Bumi untuk Masa Depan. Sedangkan tema untuk Provinsi Papua, yaitu ‘Lestarikan Bumi Papua untuk Masa Depan Bersama. Beberapa kegiatan sudah kita lakukan, yakni ada pembagian bibit gratis dan hari ini puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan melakukan penanaman bibit pohon sagu bersama dengan masyarakat,” tuturnya.

See also  9 Desa di Jepara Kembali Dicanangkan Sebagai Kampung Annaba

Lanjut Yan Pugu memaparkan, kegiatan (penanaman) ini adalah kegiatan kemitraan yang melibatkan masyarakat. “Jadi, ini kegiatan-kegiatan kemitraan yang melibatkan masyarakat. Juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat dengan memberikan ruang untuk ikut terlibat secara aktif menjaga dan menyelamatkan bumi. Yang mana, ini sesuai dengan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yakni Only One Earth ini untuk kita harus sama-sama menjaga bumi,” paparnya.

Yan Pugu berharap, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ini dapat melahirkan banyak agen-agen penyelamat dunia (bumi) dengan menjaga dan melestarikan lingkungan. “Kami yakin dan percaya, bahwa dengan masyarakat ikut terlibat, maka bumi kita yang hanya satu ini bisa dijaga bersama-sama,” harapnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan grebek sampah bersama masyarakat. “Selain melakukan penanaman bibit pohon sagu, kami juga melakukan grebek sampah bersama masyarakat di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dipusatkan di Kabupaten Jayapura,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri.

Kemudian, juga dilaksanakan penyerahan dokumen Adiwiyata bagi 11 sekolah yang telah memprogramkan peduli lingkungan di Kabupaten Jayapura. [PacificPos]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*