Pemuda Didorong Jadi Garda Terdepan Penjaga Pancasila

Purbalingga, chronosradio.com – Para pemuda didorong untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga dan membela Pancasila sebagai ideologi sekaligus pemersatu bangsa Indonesia.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, pada kegiatan Sarasehan Pancasila di gedung bioskop Misbar, kompleks Taman Usman Janatin, Sabtu (4/6/2022).

“Kita tahu bahwa di Indonesia ada banyak sekali suku bangsa, agama, dan budaya. Tapi bisa disatukan oleh yang namanya Pancasila. Ada banyak oknum yang akan mengubah Pancasila sebagai ideologi bangsa, dan kita perlu hati-hati terhadap gerakan anti Pancasila. Oleh karena itu, pemuda sebagai garda terdepan sebagai pembela Pancasila,” beber bupati.

Ditambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bahkan mencanangkan Bulan Pancasila sepanjang Juni 2022. Tujuannya mengingatkan masyarakat terhadap bulan kelahiran Pancasila sekaligus menumbuhkembangkan rasa cinta dan rasa kebangsaan, khususnya bagi generasi muda terhadap ideologi bangsa.

“Awal Juni merupakan hari lahir Pancasila. Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia. Dan kenapa lahir di 1 Juni, karena Ir Sukarno memproklamirkan kaitan Pancasila di depan sidang BPUPKI. Inilah Pancasila diperkenalkan untuk yang pertama kalinya,” jelasnya.

Menurut Tiwi, setiap akhir pekan pada Juni ini, pemkab akan menggelar berbagai kegiatan untuk masyarakat serta melibatkan berbagai pihak, termasuk seniman. Pada pekan terakhir nanti akan ada Kemah Pancasila di obyek wisata Golaga, Karangreja. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh para pemuda dari berbagai kalangan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (25-26 Juni 2022).

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Purbalingga, Bowo Leksono, mengatakan, dengan digandengnya para seniman pada kegiatan Bulan Pancasila diharapkan menjadi momen dimulainya kembali gairah dan aktivitas berkesenian.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19, para seniman di Purbalingga stop beraktivitas. Contohnya, sebelum pandemi Covid-19 melanda sedikitnya terdapat 10 sekolah yang membuka kegiatan ekstrakurikuler sinematografi. Namun, sejak pandemi hingga saat ini, jumlah tersebut menurun hingga separuhnya. [PemprovJateng]

See also  Pertamina Resmikan Pembukaan Steam Motor Disabilitas Isyarat Hati di Bandar Lampung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*