Pengusaha Harapkan Arsjad Rasjid Akselerasi Pembangunan Kawasan Timur Indonesia

Arsjad Rasjid

Jakarta, chronosradio.com – Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid diharapkan bisa segera mengakselerasi pembangunan di Kawasan Timur Indonesia Timur (KTI), apabila nanti sudah terpilih sebagai Ketua Umum.

Hal itu disampaikan, pengusaha dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang tergabung dalam Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT), Siswaryudi Heru. Menurutnya, Kawasan Timur Indonesia harus menjadi salah satu prioritas untuk mengencangkan proses pembangunan dan pengembangannya.

Ketua Perikanan dan Nelayan Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) , Siswaryudi Heru menjelaskan, sosok Arsjad Rasjid sangat pas untuk menjadi Ketua Umum Kadin. Selain memulai usaha secara langsung dari dasar, Presdir PT Indika Energy Tbk itu juga dinilai sangat mumpuni untuk menggenjot investasi ke Indonesia, termasuk ke Kawasan Timur Indonesia.

“Potensi pengembangan usaha, Sumber Daya Alam, dan Sumber Daya Manusia untuk Kawasan Timur Indonesia, diharapkan menjadi salah satu prioritas Arsjad Rasjid jika terpilih sebagai Ketua Umum Kadin. KTI ini sangat butuh investor, sebab sangat potensial bagi pengembangan perekonomian di Indonesia,” tutur Siswaryudi Heru kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (09/04/2021).

Dengan mengakselerasi investor ke KTI, Siswaryudi Heru berharap Arsjad Rasjid juga akan melihat potensi perikanan dan kelautan yang sangat melimpah di KTI, sebagai salah satu prioritas yang harus dikelola dengan baik.

Lebih lanjut, Siswaryudi Heru yang juga Ketua Hubungan Antar Lembaga Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (Ardindo) ini menyampaikan, para pengusaha dan masyarakat dari KTI, sangat mengharapkan Arsjad Rasjid mampu mendongkrak pendapatan dan devisa Negara yang besar dari wilayah itu.

“Melihat potensi dan sumber daya yang melimpah, khususnya perikanan dan kekayaan laut, KTI merupakan masa depan Indonesia. Sesuai dengan motto kita, Masa Depan Indonesia Ada di Timur. Kiranya, jika sudah terpilih nanti sebagai Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid akan menjadikan KTI sebagai prioritas,” tandas Siswaryudi Heru.

Sebelumnya, Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2021-2025, Arsjad Rasjid mengatakan, Indonesia membuka pintu sangat lebar bagi para investor. Terlebih, kata dia, ada proyek besar negara yaitu pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Siswaryudi Heru

Di tengah kondisi ini, Arsjad mengingatkan kerja sama perdagangan tidak harus selalu dengan Eropa. Menurut dia, Timur Tengah dan Afrika juga memiliki peluang yang besar.

“Terlebih Arab Saudi ingin mendatangkan investor banyak karena adanya proyek pemindahan ibu kota,” ujar Arsjad Rasjid, saat memberikan keterangan resmi pada Kamis, 8 April 2021, usai acara peluncuran buku ‘Duta Antara Dua Kutub’ karya Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi.

See also  Kemenag dan UI Sinergi Penguatan Kemandirian Pesantren dan Moderasi Beragama

Arsjad yang merupakan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk. ini sekarang sedang bersaing untuk menjadi orang nomor satu di Kadin Indonesia. Pesaingnya yaitu Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Tbk. Anindya Novyan Bakrie.

Dalam acara ini, Arsjad disebut-sebut mendapat dukungan untuk memimpin Kadin dari Esam Abid Althagafi. Tak hanya itu, dukungan disebut juga diberikan para duta besar negara Arab.

Lebih jauh, Esam Abid Althagafi menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi. Agendanya yaitu untuk melakukan kunjungan para pengusaha Arab Saudi ke Indonesia.

Begitu pula dengan sebaliknya. Menurut Esam, Arab Saudi kini telah membuka peluang bagi pengusaha Indonesia untuk mendirikan usaha di Arab Saudi yang mendukung berjalannya ibadah haji dan umrah.

Selain itu, pemerintah Arab Saudi sekarang tengah membangun kota baru bernama Neom. Kota baru ini ditujukan sebagai kota untuk menarik pariwisata. Nantinya, visa yang diterbitkan Arab Saudi tak lagi hanya untuk beribadah, tetapi untuk turis.

Calon Ketua Umum Kadin 2021-2026, Arsjad Rasjid sebelumnya mengklaim telah memperoleh dukungan dari 20 provinsi. Perwakilan dari tiap-tiap daerah telah mendeklarasikan dukungan secara resmi pada pekan lalu.

Arsjad mengatakan, untuk dukungannya sebagai Calon Ketua Umum Kadin, teman-temannya sudah menunjukkan dukungannya, pada saat deklarasi.  Mereka dari Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Jawa Tengah, Riau, NTT, Maluku, Jawa Timur, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau.

Arsjad Arsjad Rasjid menjadi penantang Anindya Bakrie. Anindya sebelumnya mengklaim telah menghimpun suara dari 25 provinsi. Pemilihan ketua umum Kadin Indonesia rencananya digelar setelah lebaran.

Adapun Arsjad Rasjid mengatakan, selain puluhan Kadin daerah, ia mendapat dukungan dari Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin M.S. Hidayat. [Jon]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*