PPKM Darurat Meningkatkan Sektor Telekomunikasi dan Perdagangan Online

Jakarta, chronosradio.com – PPKM Darurat berdampak pada peningkatan trafik data internet. Seperti pada periode pembatasanpembatasan mobilitas sebelumnya, sektor komunikasi menjadi salah satu infrastruktur penting dalam mendukung aktivitas masyarakat selama pemberlakuan PPKM Darurat saat ini (3 hingga 20 Juli 2021), terutama di areaarea residensial.

Kebutuhan akan data dan komunikasi oleh masyarakat akan meningkat selama pembatasan ini mengingat sektor esensial harus menerapkan kebijakan 50% pekerja bekerja dari rumah (WFH), sementara pada sektor non esensial mencapai 100%.

Di sisi lain, kebutuhan dari sektor pendidikan juga akan meningkat mengingat saat ini akan dimulai tahun ajaran baru yang masih menerapkan kegiatan belajar mengajar secara online. Untuk itu, operatoroperator telekomunikasi memperkirakan akan terjadi peningkatan kebutuhan trafik data internet sekitar 10 20% selama PPKM Darurat ini.

Salah satu pendorong peningkatan trafik data internet adalah aktivitas belanja online. Pembatasan mobilitas masyarakat, terbatasnya operasional offline pelaku usaha, serta kebijakan WFH mendorong kenaikan aktivitas belanja online masyarakat untuk memenuhi kebutuhan seharihari.

Dengan adaptasi digital oleh masyarakat dan pelaku usaha yang semakin baik, terutama semenjak pandemi, dampak penurunan belanja akibat pembatasan diharapkan tidak terlalu dalam. Sebagai contoh, tidak hanya pelaku usaha modern, saat ini semakin banyak penjual di pasar tradisional juga yang melayani penjualan secara online untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya seharihari.

See also  Presiden: Waspadai Peningkatan Rivalitas Antarideologi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*