Revitalisasi Kantor Pos, Langkah Bobby Nasution Tingkatkan Potensi UMKM dan Heritage

Medan, chronosradio.com – Konsistensi dan keseriusan Wali Kota Medan Bobby Nasution agar UMKM Kota Medan naik kelas terus ditunjukkan. Selain mendorong pelaku UMKM untuk menggunakan digitalisasi keuangan dalam bertransaksi sekaligus mempromosikan hasil produk, orang nomor satu di Pemko Medan itu juga telah menghadirkan Kesawan City Walk (KCW) sebagai wadah promosi bagi pelaku UMKM serta membentuk ekosistem ekonomi baru di ibukota Provinsi Sumut. Selain itu OPD terkait di lingkungan Pemko Medan, menantu Presiden RI Joko Widodo tersebut juga minta dan mendorong agar menghadirkan inovasi dan formulasi untuk membantu peningkatan sebanyak 27.763 UMKM yang saat ini ada berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan. Kemudian, Bobby juga minta untuk membentuk tim sekaligus melakukan validasi data sehingga para stakeholder dapat memberikan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing.

 Yang terbaru, Bobby Nasution menggandeng PT Pos Indonesia untuk berkolaborasi bersama membantu pengembangan UMKM. Pasalnya, PT Pos Indonesia berencana akan “menyulap” Kantor Pos Medan menjadi Pos Bloc (Ruang kreatif publik yang menyediakan sejumlah usaha kecil dan menengah (UKM) dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti kuliner dan produk kreatif) seperti yang telah dilakukan di Jakarta. Oleh karenanya, Bobby sangat menyambut baik hal tersebut karena turut mendukung salah satu program prioritas Pemko Medan yakni penataan heritage. 

 “Kami mengetahui bahwa PT Pos Indonesia akan mengembangkan Pos Bloc di sejumlah kota di Indonesia. Alhamdulillah, Kota Medan dijadikan yang nomor satu. Dengan ini, maka kita akan bisa berkolaborasi dalam melakukan pengembangan UMKM,” kata Bobby Nasution saat melakukan pertemuan dengan Dirut PT Pos Indonesia di Kantor Pos Medan, Kamis (6/1) lalu. Terlebih, imbuh suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu tersebut, bangunan Kantor Pos menjadi satu dari sekian bangunan cagar budaya dan merupakan titik 0 Kota Medan. Maka dari itu, ungkapnya, pengembangan yang nanti dilakukan diharapkan memberi warna baru bagi Kota Medan sekaligus memberi manfaat besar kepada masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM.

See also  Kondisi Covid-19 di Kaltim Sangat Menghawatirkan

“Pengembangan Kantor Pos Medan sejalan dengan rencana revitalisasi Lapangan Merdeka dan Kawasan Kota Lama Kesawan yang semuanya merupakan ikon Kota Medan. Revitalisasi yang kita lakukan, bertujuan untuk masyarakat. Jadi, saya optimis, jika Kantor Pos dikembangkan dan Lapangan Merdeka direvitalisasi, maka masyarakat yang datang akan jauh lebih banyak. Warga pasti senang berkumpul di sini,” pungkasnya optimis. Untuk merealisasikan hal tersebut, ayah dua anak itu pun minta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Kota Medan untuk mengkomunikasikan rencana revitalisasi Lapangan Merdeka dan Kawasan Kota Lama dengan PT Pos Indonesia yang akan mengembangkan Kantor Pos Medan menjadi Pos Bloc seperti di Jakarta. “Perlu kesinambungan bersama dalam menata satu kawasan yang berada di titik 0 Kota Medan,” terangnya.

Tanggapan positif pun diutaran akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) Indra Fauzan SHI MSoc Sc PhD. Diungkapkan Indra, langkah yang dilakukan Bobby Nasution menjadi terobosan yang baik sekali lewat kolaborasi yang terbangun. Sebab, imbuh Indra, selama ini hampir semua lembaga atau instansi lebih banyak jalan sendiri. “Nah, program kolaboratif ini sebagai sebuah terobosan yang inovatif. Karena, keinginan PT Pos Indonesia tentunya  menunjang juga visi dan misi Wali Kota terkait Medan yang inovatif. Selain itu juga memberi ruang selebar-lebarnya kepada warga kota, terutama pelaku UMKM,” bilang Indra ketika dihubungi, Jumat (14/1).

Diakui Indra, kolaborasi yang terbangun memberi ruang bagi UMKM untuk lebih berkembang dan naik kelas, selain dengan BUMN tentunya bisa berkolaborasi dengan banyak pihak, misalnya dengan universitas. “Selama ini kan universitas punya lahan dan bangunan, nah bagaimana mekanisme kolaborasi ini bisa terwujudkan menaikkan UMKM dan merapikan Kota Medan. Jadi, tidak lagi di pinggir jalan berjualannya. Banyak hal bisa terwujud dengan visi Wali Kota,” tambahnya optimis. [PemkoMedan]

See also  Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19, Bobby Nasution Perbanyak Layanan Vaksinasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*