Serumpun Bakung Cirebon Akan Menggelar “Perempuan Berbudaya”

Cirebon, chronosradio.com -“Perempuan Berbudaya”, judul kegiatan yang diusung “Komunitas Perempuan Berbudaya” Cirebon bersama “Serumpun Bakung” . Acara ini (akan) digelar pada Minggu, 31 Oktober 2021, pukul 13.00 sampai dengan 15.30 WIB, bertempat di Sasana Budaya, Prima Resort Sangkanhurip, Panawuan, Kuningan.

“Saya melihat Budaya Indonesia kurang dikenal dan diminati oleh Masyarakat Indonesia,” kata Dina Fitriya, selaku ketua penyelenggara. “Masyarakat Indonesia lebih berminat pada budaya luar. Sudah saatnya kita mengembalikan budaya kita sendiri. Jadi tuan rumah di negeri sendiri,” tambah Dina Fitriya.

Kegiatan ini meliputi pemutaran video singkat yang menampilkan perempuan dengan baju adat nusantara dengan setting alam dan tempat bersejarah. Menampilkan kesenian seperti kecapi suling, tarian daerah, dan lagu-lagu daerah dan nusantara. Kemudian berbincang ringan seputar peran wanita dalam melestarikan budaya serta diakhiri dengan deklarasi “Perempuan Berbudaya”.

Acara ini diikuti para perempuan lintas komunitas dan Serumpun Bakung — sekumpulan perempuan yang mencintai dan peduli terhadap pelestarian budaya yang tersebar di seluruh nusantara – bahkan ada beberapa anggota yang mukim di luar negeri.

“Saya berharap, dengan even ini, menginspirasi kepada perempuan-perempuan tidak hanya yang tinggal di Cirebon dan sekitarnya, namun diikuti oleh perempuan-perempuan di daerah lain untuk melakukan gerakan budaya serupa,” harap Dina Fitriya.

Setiap daerah memiliki kekayaan budaya yang khas, nilai-nilai luhur, sehingga bisa tertransfer kepada generasi selanjutnya.

See also  Kasdam Jaya Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Jaya TA 2021

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Website Protected by Spam Master