Sinergi Pertamina dan Kanwil Kemenkumham Sumsel Dorong Semangat Berwirausaha WBP

Palembang, chronosradio.com – Kilang Pertamina Plaju telah bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Selatan (Kanwil Kemenkumham Sumsel) dalam rangka pembinaan dan pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Sumatera Selatan, khususnya bagi yang berdomisili di ring 1 perusahaan, yaitu Kecamatan Plaju, Kota Palembang dan Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin.

Tindak lanjut kerja sama ini salah satunya diwujudkan melalui implementasi program PATRA (Palembang Terampil) Academy untuk memberikan pelatihan, sertifikasi, dan ke depannya mampu mendorong semangat berwirausaha bagi WBP.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Kilang Plaju Siti Rachmi Indahsari berkesempatan menjadi narasumber dalam webinar “Implementasi Perjanjian Kerja Sama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan di Era New Normal” yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel pada Jumat 13 Agustus 2021.

Narasumber lainnya yaitu Dadi Mulyadi selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel dan Yeni Roslaini Izi selaku Direktur Eksekutif Women Crisis Center (WCC) Palembang.

Webinar ini bertujuan untuk mewujudkan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 yang salah satu poinnya adalah pembentukkan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas). Direktur Jenderal Pemasyarakatan melalui keputusannya mengarahkan Pokmas Lipas dengan sasaran yang spesifik dan target yang berorientasi kepada program yang implementatif.

Rachmi memaparkan strategi implementasi program pembinaan dan pembimbingan bagi WBP di wilayah Sumatera Selatan dalam masa new normal.  Rachmi menyampaikan permasalahan, potensi, dan strategi implementasi program PATRA Academy yang efektif dan tetap memerhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Lebih lanjut, Rachmi menjelaskan, “Pertamina bersinergi secara optimal bersama dengan Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk mewujudkan the significant change story sehingga para WBP mampu kembali diterima dan memberikan kebermanfaatan di lingkungan sekitarnya.”

See also  Ali Maulana Hakim Ajak Warga Jadi Pahlawan Donor Darah di Masa Pandemi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*