Tingkatkan Gerakan BBI dan UMKM, Menko Luhut Resmikan Bazar Ramadan 2022

Jakarta, chronosradio.com – Dalam rangka meningkatkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan meresmikan Bazar Ramadan 2022, Kamis (07-04-2022). Peresmian ini dilaksanakan di Gedung Sopo Del, Jakarta Selatan.

“Mengenai bazar ini, pemerintah lagi menggalakan semua buatan dari dalam negeri. Oleh sebab itu, kita tuntun dari bawah untuk ini dengan sejalan pemerintah mengucurkan 400T lebih untuk pembelian e-katalog. Sehingga menciptakan lapangan kerja salah satunya seperti ini (UMKM). UMKM ini nantinya yang akan jd backbone ekonomi kita,” ungkap Menko Luhut.

Mengenai bazar ini, Menko Luhut melanjutkan bahwa nantinya akan diselenggarakan selama 4x dalam setahun di Sopo Del. “Nanti di sini bersama dengan kolaborasi KAYA.ID akan dibikin sekitar 4x setahun, tujuannya membangunkan UMKM selama dan sekuat mungkin. Apalagi ini sekarang saya kira penanganan lebih terkendali (covid) sehingga ini bisa meningkatkan pasar. Oleh sebab itu, saya terus mengajak mari kita bangga menggunakan buatan Indonesia,” pungkasnya.

Hadir di lokasi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki mengungkapkan bahwa kegiatan bazar seperti ini merupakan upaya yang baik untuk UMKM ‘naik kelas’. “Ini diadakan di Gedung Sopo Del, terus ada lagi seperti ini di Sarinah, ini upaya baik UMKM untuk naik kelas. Karena selama ini pengelola mall berfikir menarik pengunjung dengan brand asing, dan ternyata itu tidak benar, kita bisa seperti ini, buatan sendiri,” ucap Menteri Teten.

“Jadi sebenarnya yang sekarang itu dengan era custom product, itu yang diminati anak muda. Jadi hadirkan produk UMKM artisan dengan kreasi baik, custom yang langka dan unik. Saya kira ini sangat baik sekali. Kami KemenKop UKM siap mendukung, mendorong, dan mengakurasi produk yang dijual di sini,” tambah Menteri Teten.

See also  Kemenko PUKM dan PAPMISO Gelar Vaksinasi bagi Pedagang Bakso di Bekasi

Melengkapi Menteri Teten, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan dengan adanya bazar ini semakin membuktikan bahwa UMKM Indonesia memang berkualitas.

“Ini luar biasa sekali, karena di sini juga tadi saya lihat ada teman-teman disabilitas yang digandeng dan mereka membuat kue trus dibantu pengembangannya. Kemudian ada produk UMKM dari kerajinan tangan kayu dan semua mulus mulus bagus, dan produk lainnya. Ini membuktikan bahwa memang UMKM kita berkualitas. Kami dari Kemenparekraf sangat mengapresiasi pelaksanaan di tempat premium ini. Ini menaikkan kelas dari UMKM kita,” pungkas Wamen Angela.

Selain Menko Luhut, Menteri Teten dan Wamen Angela, acara ini juga dihadirkan oleh Istri Menko Luhut (Devi Pandjaitan), Co-Founder KAYA.ID Richard Sam Bera dan beberapa pejabat lainnya. Dan Tak hanya meresmikan Bazar Ramadan 2022, Menko Luhut juga meresmikan Sopo Del Food Court yang juga melibatkan UMKM di dalamnya. [KemenkoMarves]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*